Kamis, 18 Maret 2010

Internet Membantu Kita

Baru-baru ini, saya mendapatkan kesempatan untuk bekerja sebagai internet business consultant untuk perusahaan Belanda Stershop B.V. Melalui artikel ini, saya mau membagikan pengalaman yang mungkin berguna untuk anda, baik di dunia internet maupun kehidupan sehari-hari.

Kamis, 25-Februari-2010 yang lalu, Pak Andrie Wongso membahas tentang pentingnya internet bagi kehidupan kita sekarang.Saya yakin dan percaya kalau kita semua setuju akan pendapat beliau. Pak Andrie Wongso, sempat menyinggung tentang hubungan baik/positif yang luas. Ini jugalah yang mau saya bagikan untuk kita semua.

Pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara berteman yang benar dalam dunia internet (Facebook, Twitter, ataupun forum-forum)?

Mari kita coba telusuri beberapa cara menjadi teman yang benar dalam dunia internet.

1. Kembali lihat motivasi pertemanan Anda.
Berteman dalam dunia internet hakekatnya sama dengan berteman dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan orang mengira kalau melalui internet, kita tidak bisa melihat motivasi pertemanan yang dijalin. Sebenarnya itu salah, kita bisa merasakan apakah seseorang mempunyai motivasi pertemanan yang benar atau tidak melalui apa yang ditulis dia untuk kita, frekuensi dia menyapa kita, bagaimana cara penulisannya, apakah dia antusias ketika kita memberitahukan sesuatu tentang kita, dll.

Motivasi pertemanan kita haruslah “berteman” dalam arti kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, seperti yang saya singgung dalam artikel sebelumnya di mana kita harus belajar mementingkan “kita” bukan “saya”.

2. Yakin bahwa teman maya Anda juga mempunyai motivasi pertemanan yang benar ke Anda.
Kerugian berteman dalam dunia maya adalah kita tidak dapat melihat ekspresi ataupun body language yang seringkali secara spontan menunjukkan perasaan seseorang. Dan hal ini terkadang membuat kita berpikir atau meragukan apakah teman kita benar-benar care sama kita, atau hanya menghubungi kita jika perlu. Pikiran negatif ini tidaklah baik dalam pertemanan, karena pertemanan sendiri terjalin berdasarkan rasa saling percaya satu sama lain seperti di kehidupan sehari-hari, tidaklah bedanya di dunia internet.

3. Sisihkan waktu khusus untuk “teman” Anda.
Saya setuju kalua semuanya tergantung prioritas, mungkin bagi Anda teman di tempat pertama di hidup ini, atau keluarga, atau yang lain-lain. Tapi sebagaimana sibuknya Anda mengatur prioritas, kita harus sadar kalau kita membutuhkan orang lain, dan mereka akan merasa dihargai bila kita memberikan waktu kita untuk mereka. Mungkin berupa sapaan halo atau smile, apapun itu jika kita melakukan dengan moticasi yang benar, pasti mereka akan merasakannya. Apalagi jika hari itu merupakan hari yang penting bagi mereka, jangan pernah lewatkan itu.

4. Be Proactive
Jangan menunggu untuk disapa atau ditanya. Tapi sapalah dan tanyalah mereka duluan, bangun rasa ingin tahu di dalam diri Anda. Setiap orang akan senang jika mereka ditanya sesuatu mengenai mereka. Dan ingat apapun yang kita dengar, semuanya bisa diambil hikmahnya.

5. Bawalah pertemanan Anda ke dunia offline
Sebenar-benarnya cara berteman anda dalam dunia maya, tetap ini berujung pada pertemuan di dunia nyata. Buatlah janji atau event untuk Anda yang mempunyai teman yang banyak. Tidak perlu event yang besar, hanya sekedar silahturahmi dan tegur sapa. Apalagi untuk Anda yang jarang bertemu, cobalah untuk tatap muka dengan teman Anda.

Akhir kata, internet hanyalah media/fasilitas yang patut digunakan tetapi janganlah lupa harus diseimbangkan dengan kehidupan Anda di dunia nyata.

Sumber : Andrewongso.com --> Oleh : Rico Kurniawan

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Semua kalau diawali dengan tujuan baik pastinya akan memperoleh harapann yang lebih baik pula
demikian juga pertemanan/silaturakhim

@ntokbm mengatakan...

Trims sharingnya Pak

 
Kembali lagi ke atas